MAHKOTA REGENCY 3 MENIT KE PUSAT K...
Rumah Dijual di Karawang
Rp 425.000.000
  • LT: 72 m2
  • LB: 40 m2
  • KT: 2
  • KM: 1
Rumah Subsidi Murah Dp RIngan Bisa...
Rumah Dijual di Uncategorized
Rp 158.000.000
  • LT: 60 m2
  • LB: 30 m2
  • KT: 2
  • KM: 1
Perumahan Subsidi Terbesar dan Ter...
Rumah Dijual di Uncategorized
Rp 155.925.000
  • LT: 60 m2
  • LB: 30 m2
  • KT: 2
  • KM: 1
CLUSTER GRAND VILLA PERUMAHAN MEWA...
Rumah Dijual di Karawang
Rp 404.500.000
  • LT: 72 m2
  • LB: 38 m2
  • KT: 2
  • KM: 1
Beranda » Blog » Pahami Ini Sebelum Menjadi Marketing Property

Pahami Ini Sebelum Menjadi Marketing Property

Dipublish pada 25 Februari 2021 | Dilihat sebanyak 206 kali | Kategori: Blog

Serba Serbi Marketing Property yang Harus Kamu Tahu

Apakah kamu pernah mendengar istilah marketing property sebelumnya? Bagi kamu yang sudah berpengalaman jual-beli di bidang properti pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini.

Properti menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah harta berupa tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tanah dan/atau bangunan yang dimaksudkan.

Pada artikel ini kita akan bersama-sama membahas secara lebih jelas mengenai apa itu marketing property, strateginya, dan hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan. Agar tidak lama membuang waktu, langsung saja kita mulai.

Pengertian Marketing Property
Marketing property adalah cara yang digunakan seseorang dalam menyebarluaskan informasi tentang unit bangunan atau tanah yang diperjual-belikan sesuai dengan pangsa atau target pasar. Cara pemasarannya terstruktur, masal, dan berulang dengan tujuan menjual properti yang dimaksud.

Untuk menjadi marketing yang handal tentunya kamu membutuhkan pengalaman lapangan dalam memasarkan properti sebelumnya. Kenapa? Dengan pengalaman yang kamu miliki kamu akan lebih mudah menawarkan propertimu ke calon konsumenmu.

Hal ini disebabkan karakteristik dan tujuan pembelian properti seseorang berbeda-beda. Ada yang membeli properti sebagai bentuk investasi, banyak juga yang membeli karena alasan lainnya. Semakin banyak kamu memiliki cara pemasaran, semakin besar peluang kamu dalam menjual propertimu.

Perbedaan Sales Property dan Marketing Property


Mungkin masih banyak yang mengira bahwa sales property dan marketing property memiliki arti yang sama. Sebenarnya meskipun saling berkaitan keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.

Sales property tujuan utamanya adalah menjual unit properti yang sudah dipercayakan kepadanya. Intinnya berjualan. Sedangkan properti tujuan utamanya adalah menyampaikan informasi bahwa ada properti yang sedang diperjual belikan.

Semakin bagus strategi marketing yang dilakukan baik oleh seorang sales property sendiri atau yang dilakukan oleh tim marketing developer properti akan mempermudah penjualan unit propertinya.

Empat Pelaku Bisnis Properti


Poin penting yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah subjek dari properti itu sendiri. Pentingnya mengetahui siapa subjek dan pelaku bisnis properti akan memudahakan kamu menentukan strategi marketing yang tepat dalam memasarkan properti milikmu.

Apa saja subjek-subjeknya, langsung saja kita bahas.

Agen Properti
Agen Properti adalah bertindak sebagai mediator antara pembeli atau investor dengan pemilik properti. Ada dua macam agen properti yang perlu kamu ketahui. Pertama adalah agen properti yang tegabung dalam perusahaan pemasar properti. Kedua adalah agen independen yang mencari listing propertinya sendiri.

Tugas dari seorang agen properti antara lain:

  1. Mengelola daftar kontak, baik penjual dan pembeli properti
  2. Memediasikan pembeli dan penjual
  3. Menjadi pemandu saat pembeli bertemu penjual hingga proses transaksi
  4. Memberikan informasi aktual seputar kondisi dan harga pasaran properti kepada klien
  5. Memberi saran kepada penjual seputar penjualan rumah yang efektif memikat hati pembeli
  6. Membuat daftar properti yang tepat, berdasarkan kisaran harga dan kebutuhan
  7. Membandingkan jenis properti yang sama di sebuah kawasan untuk menentukan harga pasar

Broker
Tugas broker sebenarnya mirip dengan seorang agen properti. Perbedaannya broker lebih profesional dan berpengalaman, biasanya seorang broker memiliki lisensi dan memiliki legal presence dalam dunia properti.

Sederhananya seorang broker pada perusahaan marketing property bertugas sebagai supervisor yang mengawasi kinerja para agen propertinya. Seorang broker bisa bekerja sendiri atau dengan tim yang dipimpinnya.

Tugas seorang broker property antara lain adalah

  1. Menyusun dan menyampaikan semua dokumen yang diperlukan pembeli, seperti surat perjanjian sewa atau jual-beli
  2. Menawarkan beberapa daftar properti yang terbaik agar dapat dipertimbangkan oleh pembeli
  3. Mempromosikan properti yang di jual melalui iklan, layanan listing di portal properti, dan mengadakan open house
  4. Menampilkan listing properti yang dipasarkan kepada calon pembeli
  5. mengupdate berita-berita terbaru tentang tren dan hukum properti di Indonesia

Flipper
Dalam dunia properti istilah fliper diberikan kepada seseorang yang membeli properti dengan harga yang sangat murah dan kemudian dijual kembali dengan harga pasar dengan kurun waktu yang sangat cepat.

Seorang fliper biasanya adalah seorang broker yang memiliki jaringan dan sumber informasi yang luas, karena dapat mengetahui jenis properti murah yang memiliki potensi yang tinggi dan kemana/ kepada siapa properti tersebut harus dijual.

Sales Properti
Sales properti umumnya bekerja langsung sebagai ujung tombak pemasaran, langsung dibawah kendali dari developer atau pengembang properti yang dimaksud.

Seorang sales Properti umumnya mendapatkan gaji pokok dan memiliki target bulanan yang harus mereka capai. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang sales properti antara lain

  1. Melakukan direct selling dan direct offering
  2. Aktif mencari pembeli baik dengan cara canvasing atau melalui jaringan yang mereka miliki sebelumnya
  3. Mengumpulkan data prospek harian
  4. Mengevaluasi prospek berpotensi
  5. Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada calon pembeli.
  6. Malakukan strategi marketing property yang telah ditetapkan pengembang.

Cara Melakukan Strategy Marketing

Setelah mengetahui subjek atau pelaku dalam dunia properti, sekarang kita akan membahas bersama-sama mengenai strategy marketing yang dapat kamu lakukan.
Strategi yang akan kita bahas bisa kamu lakukan sendiri atau dengan bantuan perusahaan atau tim milikmu. Makanya, penting untuk kamu mengetahui subjek properti agar kamu dapat menggunakan strategi marketing yang tepat. Apa saja cara-caranya? Yuk, langsung saja kita bahas sekarang.

Menggunakan Platform Online Pemasaran Properti
Salah satu cara yang paling mudah untuk kamu lakukan dalam mempromosikan listing propertimu adalah dengan menampilkannya pada halaman Pemasaran online properti. Semacam toko online, hanya saja barangnya terbatas properti.

Platform pemasaran properti secara online ini ada yang berbayar ada juga yang free alias gratis. Platform yang dimaksud seperti

Lamudi Indonesia
Rumah.com
Rumah123
Rumahku
UrbanIndo (sekarang 99.co)

Sosial Media


Cara berikutnya kamu bisa mempromosikan propertimu melalui sosial media. Tidak semua jenis sosial media bisa dijadikan tempat marketing property yang tepat lho.

Facebook dan Instagram masih dirasa cocok dalam memasarkan properti. Instagram adalah sosial medai yang memfokuskan gambar dan video sehingga sangat mudah kamu dalam mengelola postingan propertimu.

Kelebihan lainnya dengan instagram business yang bisa menambahkan kontak informasi tambahan seperti email dan no. handphone yang dapat digunakan oleh calon pembeli. Hanya dengan menekan tombol yang dimaksud pembeli sudah bisa menghubungi kamu via email ataupun telefon.

Tidak hanya itu instagram business juga dilengkapi dengan fitur analisis yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui jumlah interaksi profile kamu dengan user lainnya.

Berbeda dengan Instagram, Facebook memiliki fitur grup dan embedded link. Kamu bisa meminta persetujuan masuk grup yang memang melakukan jual beli properti, masukan foto ataupun link website properti yang ingin kamu tawarkan. Saat ini ada 130 Juta pengguna aktif facebook di Indonesia, jumlah pasar yang cukup besar bukan.

Gathering Event
Jika kamu seorang sales properti atau agen properti yang tergabung pada suatu perusahaan, penting untuk perusahaan kamu melakukan gathering event. Undang lah orang-orang yang memiliki potensi prospek penjualan yang bagus.

Orang-orang yang hadir pada gathering event yang diadakan oleh developer ataupun badan pemasar properti umumnya memang memiliki niatan atau sedang mencari properti. Jadi lebih mudah untuk kamu menarkan propertimu pada event-event seperti ini.

Hadirilah Sosial Event
Kamu bisa mendatangi gathering atau sosial event lainnya yang diadakan oleh komunitas-komunitas yang memang memiliki potensi membeli properti yang kamu tawarkan.

Cara pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah mencari tahu dimana dan kapan gathering tersebut akan berlangsung. Selanjutnya kamu harus meminta izin untuk datang ke acara tersebut kepada koordinator atau panitia yang bertanggung jawab. Jika di izinkan kamu siap berangkat dan menarkan produkmu.

Tips: Bawalah “hadiah” saat datang ke event atau gathering yang dimaksud, sebagai tanda bahwa kamu datang dengan maksud dan tujuan yang baik.

Unsur Penting dalam Menawarkan Properti


Ada beberapa unsur penting yang kamu selalu perhatikan dalam mempromosikan properti milikmu. Langsung saja kita bahas.

Informasi Lengkap
Informasi yang dimaksud tidak hanya sekedar informasi berapa luas propertinya saja. Kamu juga harus menyiapkan informasi tambahan seperti keutungan georgafisnya seperti dekat dengan halte bus atau stasiun kereta apai, atau pintu tol, diskon, cara pembayaran, dan after service yang akan kamu berikan.

Gambar atau Foto
Jika kamu properti yang kamu tawarkan sudah memiliki tampilan fisik siapkan foto sebagus mungkin dengan angle semenarik mungkin. Gambar pada smartphone dengan resolusi sedang, sudah cukup untuk kamu gunakan.

Masterplan
Setiap sales atau agen properti apalagi yang menawarkan properti secara indent alias belum dibangun penting untuk selalu membawa atau menyiapkan masterplan yang umumnya sudah disediakan oleh developer atau perusahaan.

Dengan bantuan Masterplan kamu akan lebih mudah menjelaskan keunggulan unit yang kamu tawarkan ataupun mecari unit alternatif yang sesuai dengan kebutuhan dan budget konsumen.

Bagi kamu yang saat ini ingin menjadi marketing property yang profesional atau kamu yang sudah menjadi marketing property namun belum juga ada hasil bisa bergabung di Rumahkudotcom. Rumahkudotcom akan membimbing dan mengarahkan kamu untuk menjadi marketing yang handal.

Dengan sistem yang modern melalui digital marketing kamu bisa menjangkau calon pembeli seluas mungkin, sebanyak mungkin sesuai keinginan anda. semua akan di ajarkan di Rumahkudotcom.

 

Bagikan informasi tentang Pahami Ini Sebelum Menjadi Marketing Property kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Over Kredit Murah Di Taman Kar...

Rumah Dijual di Bekasi
Rp 60.000.000 Nego
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 27 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Dijual Perumahan Strategis Har...

Rumah Dijual di Uncategorized
Rp 158.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 30 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

CLUSTER GRAND VILLA PERUMAHAN ...

Rumah Dijual di Karawang
Rp 404.500.000
  • L.Tanah: 72 m2
  • L. Bangunan: 38 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Rumah Murah Hanya Selangkah Ke...

Rumah Dijual di Uncategorized
Rp 158.500.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 30 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Rumah Subsidi Murah Dp RIngan ...

Rumah Dijual di Uncategorized
Rp 158.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 30 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

MAHKOTA REGENCY 3 MENIT KE PUS...

Rumah Dijual di Karawang
Rp 425.000.000
  • L.Tanah: 72 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!